Beladiri

Tarung Derajat, Seni Beladiri Lokal yang Mematikan

Tarung derajat sudah diakui secara nasional dan sebagai latihan beladiri dasar oleh TNI AD.

BOGOR, DIFANEWS.com – Tarung derajat adalah salah satu beladiri asli Indonesia, tepatnya berasal dari Bandung. Beladiri ini berasal dari pengalaman tak menyenangkan dan perjuangan hidup keras dari Achmad Drajat atau dikenal Aa boxer.

Sang pendiri Tarung Derajat yang memiliki nama asli Achmad Drajat. Pada tahun 1960-an beliau selalu mencoba untuk mempertahankan diri dari banyak perkelahian yang kerap dialaminya pada masa mudanya dulu.

Tempat tinggalnya cukup terbilang rawan pada waktu itu untuk menjadi arena perkelahian antar kelompok. Achmad Derajat pun akhirnya menjadi ikut terlibat karena dipaksa keadaan. Pengalaman hidup yang tidak menyenangkan itulah yang menginspirasi beliau.

Dari bosan kalah itulah timbul niat untuk menciptakan beladiri. Akhirnya ia mencoba menciptakan teknik-teknik beladiri yang praktis untuk dapat mengangkat kembali kehormatan dirinya agar tidak selalu menjadi bulan-bulanan lawannya yang lebih besar.

Itu terjadi pada tahun 1968 yang pada saat itu, Aa Boxer baru berusian 18 tahun dan mulai dari itu banyak orang yang berdatangan ke rumahnya untuk di ajarkan beladiri.

Tepatnya 18 Juli tahun 1972, beladiri yang diciptakannya sudah memiliki nama. Perjalanan mengajar dan melatih, tumbuh berkembang sampai timbul permintaan untuk mengajar di daerah lain.

Beladiri ini diakui secara nasional dan bahkan digunakan sebagai latihan beladiri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri. Selain itu, beladiri Boxer ini juga memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional dan memiliki suborganisasi di 22 provinsi Indonesia.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker