Life Style

Tekanan Darah Tinggi Bisa Dikurangi dengan Minum Air Ini

Menurut situs medis Healthline, satu gelas air kelapa berisi 240ml mengandung 600mg kalium.

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan mengurangi konsumsi garam dan berolahraga, tapi ada sejenis air yang juga sangat bermanfaat untuk penyakit satu ini.

Menurut NHS (Pusat Layanan Kesehatan Nasional Inggris), lebih dari seperempat orang dewasa di negeri itu memiliki tekanan darah tinggi. Jika tidak ditangani dengan baik, penderita hipertensi ini bisa kena serangan jantung dan stroke.

Karena itu, para pakar kesehatan merekomendasikan orang-orang dengan tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi makanan sehat yang rendah garam dan lemak jenuh untuk memperbaiki kondisi tersebut, sambil berolahraga lebih banyak untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Tetapi selain mengurangi makanan yang tidak sehat, juga disarankan menambahkan makanan yang lebih sehat dalam diet Anda untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Beberapa makanan dan minuman diketahui mengandung khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah, salah satunya adalah air kelapa.

Air kelapa memiliki kandungan potasium yang baik, mineral yang diketahui bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Potasium atau kalium bekerja dengan ginjal untuk menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. Ini penting karena garam adalah donator tetap untuk tekanan darah tinggi.

Fungsi ginjal adalah untuk mengontrol jumlah cairan dalam tubuh, yang pada gilirannya mengendalikan tekanan darah.

Tugas ginjal adalah menyaring darah dan menyedot cairan tambahan, yang kemudian disimpan dalam kandung kemih dan dikeluarkan sebagai urin.

Proses ini menggunakan keseimbangan halus natrium dan kalium untuk menarik air melintasi dinding-dinding sel dari aliran darah ke saluran pengumpul yang mengarah ke kandung kemih.

Mengonsumsi garam akan meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah yang akan mengganggu keseimbangan dan mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air.

Dengan mengonsumsi lebih banyak potasium atau kalium akan meningkatkan kadar mineral dalam tubuh dan membantu mengembalikan keseimbangan.

“Ini akan membantu ginjal bekerja lebih efisien, dan membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang sehat,” kata sumber di NHS.

Menurut situs medis Healthline, satu gelas air kelapa berisi 240ml mengandung 600mg kalium.

Jadi, mulai sekarang, tak usah sungkan minum air kelapa: murah dan menyehatkan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker