Film

‘Tilik’, Film Tentang Wong Cilik yang Menggelitik & Asyik

Penonton akan dibuat susah lupa dengan berbagai adegan epik di dalam film, seperti saat ditilang polisi, kebelet buang air kecil di jalan, pakai kulit jeruk untuk obat mabuk perjalanan, sampai menuduh Dian pakai susuk.

JAKARTA, DIFANEWS.com — ‘Tilik’ (2018), film pendek garapan Ravacana Film sontak viral di dunia maya setelah diunggah di kanal YouTube Ravacana Films, 17 Agustus 2020. ‘Tilik’ jadi salah satu trending topik di Twitter Indonesia.

Film dengan durasi 32 menit itu menceritakan tentang wong cilik, ibu-ibu yang bergosip di atas truk dalam perjalanan untuk menjenguk bu Lurah. ‘Tilik’ berarti menjenguk.

Salah satu tokoh yang juga viral dan menjadi trending adalah bu Tejo, salah satu karakter yang kuat dalam film pendek tersebut.

Joko Anwar, salah satu sutradara kenamaan Tanah Air yang telah melahirkan film-film bertaraf Internasional, tak luput memuji film pendek ini.

Melalui akun Twitter @jokoanwar, Joko memberikan sedikit ulasan atas film pendek produksi tahun 2018 itu.

 “Barusan nonton film pendek TILIK. Fresh, delightful. Setting ceritanya cukup brilian. Sederhana tapi gigit. Believable dengan acting yang asyik,” celotehnya.

Film Pendek ‘Tilik’ ini isinya sederhana namun dikemas sangat epik hingga semua penonton bisa relate dengan pesan yang disampaikan film.

Walau selama film setting-nya hanya sebuah perjalanan di atas bak truk, tapi isi percakapan selama perjalanan itulah yang menjadi panggung utama cerita.

Mengangkat budaya Yogyakarta dengan bahasa jawa lokal yang kental dan bahasa keseharian hingga menggosipi anak tetangga yang tidak ada habisnya dari awal perjalanan hingga akhir.

“Believable dengan acting yang asyik. Bisa dipahami jika trending. Kadang real, kadang sengaja karikatural, tapi selalu menggelitik. Tonton lah,” tambah Joko Anwar.

Film Pendek ‘Tilik’ bercerita tentang perjalanan Bu Tejo dan rombongan ibu-ibu di atas bak truk yang mau tilik (menjenguk) Bu Lurah di rumah sakit.

Keseruan cerita dimulai ketika Bu Sam, salah satu ibu-ibu rombongan, melontarkan pertanyaan tentang Dian, gadis desa yang tak kunjung nikah.

‘Fikri ki karo Dian ki opo bener sesambungan to, Bu?’ tanpa tendeng aling-aling Bu Tejo menyahut obrolan dengan begitu baiknya, seperti menyiram api dengan bensin.

Berbagai lontaran yang dikeluarkan Bu Tejo ketika menggosiplah yang membuat apresiasi terus mengalir dari masyarakat Indonesia untuk film lokal besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo dan penulis naskah Bagus Sumartono ini.

Penonton akan dibuat susah lupa dengan berbagai adegan epik di dalam film, seperti saat ditilang polisi, kebelet buang air kecil di jalan, pakai kulit jeruk untuk obat mabuk perjalanan, sampai menuduh Dian pakai susuk.

Film ini didanai Dinas Kebudayaan DIY dan diperankan oleh aktor/aktris lokal Siti Fauziah Saekhoni, Brilliana Desy, Angeline Rizky, dan Stephanus Wahyu Gumelar.

Film ‘Tilik’ sudah memenangkan penghargaan bergengsi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Di antaranya Piala Maya 2018 kategori Film Pendek Terpilih, Official Slection Jogja-Netpac Asian Film Festifal 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker