Kesehatan

Tips Asupan Gizi untuk Ibu Menyusui

Jakarta, difanews.com — Selama menyusui seorang ibu perlu memerhatikan asupan makanan agar bayi mendapatkan asupan nutrisi dari ASI yang dikonsumsinya sehingga tumbuh kembang bayi pun jadi maksimal.

Selain disertai menu variatif, tentu saja perlu memerhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

“Nutrisi yang baik akan membantu meningkatkan pasokan ASI serta memberikan lebih banyak energi dan membantu meningkatkan berat badan bayi,” kata Lois Sommers, RN, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari Sanfordhealth.

Faktanya, beberapa makanan memang memiliki nutrisi lebih tinggi dan sangat tepat dikonsumsi saat masa menyusui. Beberapa makanan super tersebut di antaranya nasi merah, pasta gandum, dan oatmeal.

Semua makanan super tersebut merupakan karbohidrat kompleks, yang membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama dan tidak akan mendapatkan penurunan energi seperti yang didapatkan saat mengonsumsi karbohidrat olahan.

Ibu menyusui juga perlu memasukkan sumber protein yang baik dalam asupan harian. Seperti salmon sebagai salah satu sumber protein yang tepat. Ini karena salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega 3.

Salmon juga diketahui menjadi sumber makanan yang memiliki vitamin D alami. Selain itu, salmon juga bagus untuk ibu menyusui karena mengandung DHA dalam jumlah besar yakni sejenis lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Berikut ini daftar makanan untuk ibu menyusui lainnya juga dapat dikonsumsi seperti dikutip dari Theeverymom.

Kangkung atau bayam
Sayuran berdaun hijau ini dapat membantu meningkatkan laktasi dan bonusnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lebih awal terpapar rasa sayuran melalui ASI mungkin menyukai rasanya yang lebih enak saat mereka sudah besar.

Berries
Buah-buahan seperti blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry kaya akan vitamin C. Buah-buahan ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga merupakan kunci untuk perkembangan tulang.

Jahe
Ibu  mungkin pernah mendengar penggunaan jahe untuk mengatasi mual di pagi hari selama kehamilan. Tetapi, ternyata jahe juga memiliki manfaat setelah persalinan lho. Ya, jahe dipercaya sebagai galactagogue, yakni zat yang meningkatkan suplai ASI. Jadi, cobalah memasukkan jahe segar ke dalam teh favorit saat mengonsumsinya.

Biji wijen
Biji wijen mengandung kalsium, nutrisi yang sangat penting bagi ibu menyusui dan bayi. Tiga sendok makan biji wijen mengandung 25 persen dari jumlah yang disarankan untuk ibu menyusui. Anda bisa menaburkan biji wijen di atas salad untuk menikmati manfaatnya.

Daging sapi
Daging sapi merupakan makanan kaya zat besi, sementara kadar zat besi yang rendah dapat menguras energi dan suplai ASI. Jadi, tingkatkan konsumsi daging sapi dalam nutrisi harian Anda agar pasokan ASI melimpah dan berkualitas.

Wortel
Wortel mengandung beta-karoten, antioksidan yang berubah menjadi vitamin A saat Anda memakannya. Selain itu, wortel juga baik untuk kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan untuk Anda dan juga bayi Anda.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker