Otomotif

Trek Utama Beres, Sirkuit Mandalika Diserahterimakan

JAKARTA, DIFANEWS.COM — Proses pembangunan dan pengaspalan trek utama sepanjang 4,31km Mandalika International Street Circuit akhirnya selesai. Kini, Mandalka menyambut ajang Superbike.

Penyelesaian pekerjaan pengaspalan trek utama ini ditandai dengan seremoni serah terima pertama pekerjaan pembangunan dari kontraktor kepada ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), Minggu (15/8).

Acara dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, dan jajaran Forkopimda NTB, Asisten Deputi Parekraf Kemenkomarves, Direktur Utama, komisaris hingga direksi ITDC serta Pemda Lombok Tengah.

“Dua tahun lalu semua tidak akan percaya sirkuit bisa selesai, ternyata hari ini bisa selesai. Hari ini ITDC dan PT PP, BUMN yang luar biasa, telah memberikan hadiah kemerdekaan yang luar biasa bagi bangsa Indonesia,” ungkap Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, dalam keterangannya, dilansir detik.com.

“Kita bisa membuktikan kepada audiens Indonesia dan dunia bahwa dari tempat yang tidak ada sebelumnya, kita mampu membangun sirkuit dengan kualitas yang tidak kalah dari sirkuit lain di dunia.”

Dengan selesainya pembangunan pengaspalan ini, Zulkieflimansyah mengajak semua pihak sama-sama menyiapkan event motor internasional Superbike World Championship (WSBK). Sirkuit Mandalika masih masuk dalam kalender balapan 2021 pada 12-14 November.

“Saya minta jajaran Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah dan semua pihak untuk membantu ITDC. Mari kita bergandengan tangan untuk menyiapkan event motor internasional FIM Superbike World Championship (WSBK) sehingga event ini bisa terlaksana, semoga dua bulan ke depan kita bisa berdiri di sini untuk membuka event WSBK,” tambahnya.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menuturkan, penyelesaian pembangunan ini merupakan kado untuk Indonesia di hari kemerdekaan yang ke-76.

“Alhamdulillah, kami telah menyelesaikan pengerjaan pengaspalan main track Mandalika International Street Circuit. Penyelesaian Sirkuit Mandalika dengan 17 tikungan merupakan kado atau persembahan kami untuk Indonesia di HUT nya yang ke 76 tahun,” ujar Abdulbar.

“Penyelesaian pengaspalan ini juga menunjukkan hasil dari kerja keras dan kerja sama kita semua dalam mewujudkan mimpi kita untuk menghadirkan sirkuit kelas dunia.”

Abdulbar mengatakan, di luar pengaspalan, saat ini telah selesai dilaksanakan pemasangan concrete barrier dan pembangunan tunnel yang berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek.

“Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi pembangunan Mandalika International Street Circuit sudah sekitar 92 persen. Fasilitas pendukung lainnya seperti race control dan fondasi pit building juga tengah dikerjakan,” katanya lagi.

“Saat ini juga tengah disiapkan medical center dilengkapi helipad di dalam sirkuit, di mana operasional dan penyediaan peralatan kesehatan untuk fasilitas medis ini disupport oleh Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Dukungan kementerian lain adalah pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-The Mandalika yang dilakukan oleh Kementerian PUPR. Jalan Bypass ini akan menunjang alur logistik dari BIL ke Mandalika International Street Circuit saat berlangsungnya event balapan.

Sementara dalam rangkaian kegiatan Homologasi, telah dilakukan virtual assessment yang diikuti oleh perwakilan dari Dorna Sport, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan anak usaha ITDC, MGPA.

Virtual assessment membahas homologasi Mandalika International Street Circuit ini merupakan virtual assessment pertama di dunia terhadap trek sirkuit yang dilakukan dengan cara yang sangat profesional.

Dalam kegiatan assessment tersebut, Dorna Sport menyampaikan tanggapan dan kepercayaan yang positif atas progres pembangunan Mandalika International Street Circuit.

“Dengan demikian kami optimistis bisa menuntaskan penantian panjang selama 26 tahun, agar Indonesia kembali menjadi tuan rumah balap motor berkelas internasional,” beber Abdulbar.

“Kami sekarang fokus untuk meningkatkan fasilitas pendukung untuk menyambut pelaksanaan event balap WSBK pada 12-14 November 202.”

Dalam rangka menambah pasokan kamar di dalam kawasan, ITDC fokus mempercepat pembangunan Pullman Hotel The Mandalika. Saat ini, progres pekerjaan Pullman Hotel secara keseluruhan mencapai 78,77 persen. Hotel ini ditargetkan akan mulai serah terima untuk dapat dioperasikan pada November 2021.

Untuk meningkatkan konektivitas dalam kawasan, Abdulbar mengaku saat ini ITDC telah memulai tahap konstruksi Paket I dan II Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) untuk membangun infrastruktur dasar di zona barat, tengah, dan timur dari kawasan The Mandalika.

“Item pekerjaan MUTIP Paket I yang mulai dikerjakan adalah pembangunan sejumlah ruas jalan dengan total panjang 4,35 km serta lot parkir kendaraan seluas 104,72 are,” katanya.

Sirkuit Internasional Mandalika terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini menjadi tuan rumah dalam ajang balap MotoGP musim 2021 dan sekaligus merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia dalam penyelenggaraan MotoGP.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button