News

Warga Belum Banyak Tahu Soal 7 Sumur di Bekasi

Tri Adhianto mengimbau masyarakat Bekasi ikut lestarikan cagar budaya 7 Sumur.

JAKARTA, Difanews.com – TERNYATA belum banyak warga Kota Bekasi yang mengetahui keberadaan 7 sumur tua di kawasan mereka. Sumur-sumur itu diyakini menyimpan banyak sejarah dan budaya yang disakralkan.

Jumat (14/8) kemarin, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto didampingi sejumlah sejarahwan Bekasi melakukan pemasangan plang nama pada tujuh sumur tua di Kranggan Jatisampurna sebagai tanda cagar budaya milik Kota Bekasi.

Titik pertama dilakukan di Sumur Selamiring di area Kraton Selamiring yang juga terdapat area pemakaman Nyi Kentring dan diyakini sebagai nenek dari Prabu Siliwangi.

Menurut Tri, cagar budaya itu menjadi perhatian Pemerintah Kota Bekasi. Terlebih beberapa sumur berada di lahan pengembang.

Selain itu, Tri juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk ikut melestarikan cagar budaya tersebut.

“Ada nilai budaya yang perlu dilestarikan, dan itu membutuhkan perhatian pemerintah dan warga setempat,” tutur Tri, dikutip dari pojokbekasi.

Ke depannya, pelestarian situs bersejarah ini dapat diaplikasikan dalam bentuk membuat destinasi wisata budaya dan religi pada situs-situs bersejarah. Caranya, antara lain, dengan menjaga kebersihan situs budaya dan menanam pohon agar terbangun pusat ekonomi baru di wilayah sekitar destinasi.

Pengembangan destinasi wisata budaya merupakan salah satu upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjaga peninggalan para leluhur dan nilai-nilai budaya yang ada di Kota Bekasi khususnya di Kecamatan Jatisampurna

Situs bersejarah tujuh sumur yang menjadi perhatian di Jatisampurna adalah Sumur Bandung, Sumur Ciburial, Sumur Binong, Sumur Batu , Sumur Alet, Sumur Hulu Cai, Sumur Tengah.

Ketujuh sumur tersebut tidak pernah kering saat musim kemarau. Diharapkan dengan terjaganya sumur-sumur tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk sebagai sumber air bersih.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker