Beladiri

Yayasan Kampung Silat Petukangan Sukses Gelar Diklat Pengenalan Dasar Silat Beksi

Jakarta, difanews.com – Beksi diakui sebagai salah satu bela diri asli Betawi yang lahir dan terus dikembangkan di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan. Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan Lomba Pengenalan Dasar Silat Beksi Angkatan I/2020.

Kegiatan bertema ‘Budaya Virtual Itu Asyik’ ini digelar Yayasan Kampung Silat Petukangan sejak Oktober dan ditutup resmi pada Minggu (27/12/2020).

Tak kurang dari 50 pecinta beksi dari kalangan anak-anak usia SD hingga SMP ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka dibimbing oleh sesepuh dan pendekar beksi Petukangan seperti Dasik Aripin, Nasir Mupid yang juga seniman Topeng Blantek, Mulyadi, Jumardi Akis, sarjana beksi M Rido, dan sarjana Topeng Blantek Dewi Sinta.

“Acara ini kami arahkan kepada generasi milenial agar bisa lebih mendalami silat beksi,” kata Abdul Aziz, panitia pelaksana dalam rilis kepada difanews.com.

Kegiatan ini, dilanjutkan Aziz, akan dilanjutkan tahun depan. Sosialisasi kepada 5 Pusat Perguruan Beksi di Petukangan akan dilaksanakan untuk menarik lebih banyak peserta pada Lomba Pengenalan Dasar Silat Beksi Angkatan II/2021.

Konsep kegiatan, menurut Aziz, terdiri atas pembacaaan ikrar/janji beksi, gerakan senam/jurus beksi. Kegiatan juga akan dilegalkan secara hukum melalui HAKI oleh Kemenkumham dalam waktu dekat.

Dasik Aripin, sesepuh dan tokoh beksi Petukangan mengaku sangat terharu dengan kegiaatan ini. “Ini mengingatkan saya waktu pertama kali menekuni beksi dulu,” ujar Dasik.

Rido dan Dewi juga bersemangat membantu menyukseskan acara. “Ini malah belum sebanding dengan perjuangan lima tokoh beksi Petukangan yang mengembangkan beksi sejak dulu. Kami mengenal beksi berkat jasa mereka,” ujar Rido.

Semangat serupa diperlihatkan Mulyadi dan Jumardi.

“Apalagi beksi telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Provinsi DKI Jakarta tahun 2015 serta Pencak Silat Indonesia juga telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Dunia oleh UNESCO tahun 2019 dan di mana Silat Beksi turut andil di dalamnya,” kata Mulyadi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker