Sepakbola Indonesia

24 Pelatih Tekun Ikuti Kursus Lisensi B AFC di Yogyakarta

YOGYAKARTA, DIFANEWS.com — Untuk menambah jumlah pelatih berlisensi B AFC, PSSI menggelar kursus pelatih B AFC sejak 18 Juni hingga 1 Juli di Yogyakarta. Kursus ini diikuti 24 pelatih dan dengan Emral Abus bertindak selaku instruktur.

Dari 24 pelatih tersebut beberapa nama adalah mantan pemain Timnas Indonesia seperti Erol Iba, Supriyono, Gendut Dony, dan Ilham Romadona.

 “Secara keseluruhan, para peserta kursus ini tidak terlalu banyak mengalami kesulitan. Sebabnya, beberapa dari mereka sudah berkecimpung di klub atau bahkan tim nasional dan juga kalau diibaratkan sekolah, mereka sudah naik tingkat dari pemegang lisensi C AFC ke B AFC,” kata Emral.

“Kalau di C itu materinya lebih banyak ke teknik fundamental. Di lisensi B ini mereka diajarkan bagaimana mengasah kemampuan dalam sebuah permainan situasi sembilan lawan sembilan,” tambahnya.

Menurut Emral, para pelatih ini juga dituntut memahami fungsi pemainnya. Misalkan, dari peran yang dimainkan pemain tengah, depan, dan sebagainya sesuai prinsip-prinsip sepak bola dalam bertahan dan menyerang. Dan dalam satu pekan ini para peserta fokus mendapatkan materi penyerangan baik secara individu maupun tim.

 “Instruktur akan memberikan materi bertahan dan bagaimana caranya membangun serangan dari lini belakang. Pekan terakhir baru peserta mendapatkan porsi pelengkap seperti melatih kiper,” tambahnya Emral.

Salah satu peserta kursus Ricky Riskandi mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan yang diberikan kepadanya dan seluruh pelatih yang ikut kursus B AFC ini.

“Materi yang diberikan sangat membantu dan menambah ilmu kepelatihan saya dan teman-teman disini,” kata Ricky.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, mengharapkan agar kursus-kursus yang diselenggarakan federasi dapat terus menambah jumlah pelatih lokal yang berlisensi B AFC yang tentunya berkualitas.

Peserta kursus pelatih B AFC, Yogyakarta 18 Juni-1 Juli 2019
1. Ahmad Amirudin, Borneo FC
2. Wasiyatul Akmal, DKI Jakarta
3. Lulut Kistono, Persebaya
4. Gusnedi Adang, PSPS
5. Ilham Romadona, Barito Putera
6. Yadi Mulyadi, Persib
7. Khusnul Yaqien, PSIS
8. Ismayana Arsyad, Madura FC
9. Kahudi Wahyu, Persibangga
10. Gendut Dony, Persitangsel
11. Miskardi, PPLP Riau
12. Leo Saputra, DKI Jakarta
13. Ricky Riskandi, Timnas U-22
14. Nurcholis Majid, Ex Timnas
15. Erol Iba, Semen Padang
16. Rahmat Hidayat, Asprov Jatim
17. Komaruddin, PSS
18. Asep Ardiansyah, PSS
19. Ega Raka Ghalih, PSIM
20. Supriyono, Ex Timnas
21. Dian Oktovery, Sijunjung
22. Erwan Hendarwanto, Persitema
23. Fahrial Amiq, Asprov Jatim
24. Leonard Soputan, Persita

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button