Olahraga Umum

Haornas 2020, Apa Kunci Memajukan Olahraga Indonesia?

Olahraga didampingi sport science akan jadi lebih terukur sehingga semua hal dapat dipersiapkan dengan baik. Persiapan baik ujungnya adalah prestasi tertinggi.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, menekankan ada tiga tema besar yang diusung pada Haornas ke-37 yang digelar di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Rabu, (9/9).

Ketiga tema itu, adalah sport science, sport tourism, dan sport industry.

Zainudin Amali menyatakan bahwa sport science, sport tourism, dan sport industry dapat memajukan olahraga Indonesia ke level lebih tinggi jika dikerjakan dengan maksimal. Karena itu, penerapan ketiga hal tersebut dinilainya sangat penting di masa depan.

“Melaui Haornas ke-37 tahun 2020 ini kita jadikan momentum untuk mendorong tiga tema ini. Jika paket-paket olahraga ini di kemas dengan baik dan diinformasikan ke mancanegara pasti nilai jualnya akan banyak,” kata Zainudin.

Sport science akan bermanfaat untuk meningkatkan olahraga Indonesia. Olahraga didampingi sport science akan jadi lebih terukur sehingga semua hal dapat dipersiapkan dengan baik. Persiapan baik ujungnya adalah prestasi tertinggi. Kemenpora akan mendorong kegiatan sport science melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi.

Untuk sport tourism berkaitan dengan peningkatan pemasukan negara melalui devisa yang berasal olahraga dalam negeri. Ketika olahraga di Indonesia menjadi sebuah tontonan yang menarik maka itu akan mengundang para wisatawan lokal maupun asing untuk datang.

Para wisatawan itu diharapkan juga akan menikmati pariwisata Indonesia lainnya sehigga pemasukan negara pun bertambah.

Melalui Deputi 3 (tiga) Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora juga mengadakan kegiatan Lomba Virtual Training untuk para atlet muda dan pelajar (disabilitas dan nondisabilitas) di seluruh Indonesia dengan nama SKO-VIT Indonesia.

Lomba ini digelar juga sebagai bagian dari menyemarakan peringatan Hari olahraga nasional (Haornas) 2020.

Menpora mengajak atlet muda Indonesia dan para pelajar untuk mengikuti SKO-VIT. Terdapat sejumlah hadiah menarik dalam ajang ini.

Kemenpora memberikan hadiah utama kepada tiga  pemenang dalam setiap kategori berupa uang tunai, piagam, dan merchandise.

Selain itu ada pula hadiah tambahan dalam setiap kategori berupa saldo uang elektronik untuk kategori follower terbanyak, like terbanyak dan komen terbanyak.

SKO-VIT digelar sejak 27 Agustus 2020 hingga 16 September 2020. Lomba virtual ini dibagi dalam tiga kategori yaitu Gerakan Tabata,  Gerakan Teknik 11 Cabang Olahraga, dan lomba Video Kreatif Olahraga.

Semua peserta yang mengikuti lomba wajib menggunggah video gerakan yang dilombakan ke akun sosial media Instagram pribadi masing- masing.

Dalam video lomba yang diunggah, setiap peserta wajib melakukan ajakan kepada masyarakat untuk tetap melakukan olahraga di rumah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker