BeladiriSports

Kuba Akhirnya Izinkan Wanita Geluti Tinju Setelah 60 Tahun Dilarang

JAKARTA, difanews.com – Babak dan sejarah baru dimulai di Kuba. Kaum Hawa kini diizinkan menggeluti tinju setelah 60 tahun dilarang. Ternyata ini alasannya.

Kuba menjadi salah satu kiblat tinju dunia di kancah amatir dan sejumlah petinju yang kabur dari Kuba mencatat banyak sukses di arena pro di luar negeri.

Sepanjang sejarah AIBA hingga IBA, Kuba sudah merebut 80 medali emas amatir plus 35 perak dan 28 perunggu sejak edisi perdana tinju dipertandingkan pada tahun 1974.

Di Olimpiade, Kuba sudah mendulang 78 medali, 41 di antaranya medali emas.

Namun, para wanita di Kuba masih dilarang menekuni atau berkarier di tinju.

“Kami mempelajari pro dan kontra-nya bertahan-tahun. Analisis mendalam kami lakukan sebelum kami bikin keputusan, bahwa tidak masalah wanita bertinju,” ujar Alberto Puig de la Barca, Presiden Federasi Tinju Kuba.

“Bahwa selama ini, dengan proteksi yang memadai, tak pernah terjadi kasus cedera berat di pertinjuan wanita. Fakta itu memotivasi kami mengeluarkan keputusan ini.”

Menurut rencana, Kuba akan mengirimkan petinju-petinju perempuan di Central American Games dan Pan American Games.

“Mudah-mudahan para atlet wanita itu membawa pulang medali bagi Kuba sekaligus mendorong wanita-wanita Kuba secara massif mulai menggeluti tinju,” tambah Alberto Puig.

Sebelumnya, November 2022, Presiden IBA Umar Kremlev sempat bertemu dengan Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel. Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan itu. Salah satunya adalah pendirian institute tinju di Kuba.

Sebelumnya, April 2022, langkah bersejarah juga dibuat Kuba, di mana mereka sudah mengizinkan tinju pro setelah larangan selama 60 tahun. Sebelum izin itu ada, sejumlah petinju top amatir Kuba kabur keluar negeri untuk meniti karier di tinju pro demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Kuba membentuk Golden Ring Promotions sebagai badan di mana para petinju amatir Kuba bisa bertarung di arena pro.

Yordenis Ugas dan Luis Ortiz merupakan 2 dari begitu banyak petinju Kuba yang berkarier dan sukses di luar negeri.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button