ElektronikNews

Maleo, Calon Mobil Nasional Cetusan B.J. Habibie yang Terhenti Karena Krisis Ekonomi

Indonesia hampir saja mempunyai mobil nasional pada tahun 1990-an.

BOGOR, DIFANEWS.com – Bapak dirgantara nasional atau kita kenal B.J. Habibie, sosok yang dikenal dengan dunia pernerbangan Indonesia. Dengan kehadiran pesawat N-250 yang asli buatan anak bangsa.

Ternyata tidak hanya pesawat. Tercatat, ‘Mr.Crack’ memiliki gagasan untuk melahirkan mobil nasional pada tahun 1990-an di bawah kepemimpinan Soeharto dan saat itu BJ Habibie merupakan Menteri Riset dan Teknologi.

Habibie memiliki ide untuk membuat mobil yang ia namai Maleo. Nama Maleo diambil dari nama burung asal Sulawesi, pemilihan nama tersebut sekaligus merujuk Provinsi yang tempat kelahiran sang bapak teknologi tersebut.

Ide pembuatan Maleo sendiri tercetus saat Habibie menjabat sebagai Menristek Kabinet Pembangunan VII (1993-1998). Tak sendiri, Maleo akan mengadopsi teknologi dari pabrikan otomotif asal Inggris, Rover.

Namun sayang, perjalanan panjang Maleo akhirnya harus berhenti ditengah jalan. Runtuhnya pemerinta Orde Baru, ditambah situasi dan kondisi Indonesia yang tengah dihantam krisis ekonomi, membuat calon mobil nasional itu tinggal cerita.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker