Kesehatan

Mengapa Covid-19 Lebih Tertarik pada Golongan Darah Tertentu?

Jakarta, difanews.com  — Sebuah studi baru memberikan bukti lebih lanjut bahwa orang dengan golongan darah tertentu mungkin lebih mudah tertular Covid-19.

Secara khusus, ditemukan bahwa virus SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, secara khusus tertarik pada antigen golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan.

Para peneliti kali ini fokus pada protein di permukaan virus SARS-CoV-2 yang disebut reseptor binding domain (RBD), yang merupakan bagian dari virus yang menempel pada sel inang. RDB menjadi target penting bagi para ilmuwan yang mencoba mempelajari bagaimana virus menginfeksi manusia.

Dalam studi yang diterbitkan 3 Maret di jurnal Blood Advances ini, tim menilai bagaimana RDB SARS-CoV-2 berinteraksi dengan sel darah merah dan pernapasan dalam golongan darah A, B, dan O.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa RDB SARS-CoV-2 memiliki preferensi kuat untuk mengikat golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan, tetapi tidak memiliki preferensi untuk golongan darah lain yang ditemukan pada sel pernapasan atau sel darah merah.

Preferensi RDB SARS-CoV-2 untuk mengenali dan menempel pada antigen di golongan darah A yang ditemukan di paru-paru orang pasien dengan golongan darah A dapat memberikan wawasan tentang hubungan potensial antara golongan darah A dan infeksi Covid-19.

“Menarik bahwa RBD virus hanya benar-benar lebih menyukai jenis antigen golongan darah A yang ada pada sel pernapasan, yang mungkin merupakan cara virus memasuki sebagian besar pasien dan menginfeksi mereka,” kata penulis studi Dr. Sean Stowell, dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari MedicalXpress.

“Golongan darah merupakan tantangan karena diturunkan dan bukan sesuatu yang bisa kami ubah. Tetapi jika kami dapat lebih memahami bagaimana virus berinteraksi dengan golongan darah pada manusia, kami mungkin dapat menemukan obat-obatan baru atau metode pencegahan,” lanjutnya.

Namun temuan ini saja tidak dapat sepenuhnya menggambarkan atau memprediksi bagaimana virus corona akan mempengaruhi pasien dari berbagai golongan darah, demikian catatan dari peneliti.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button