Idola

Pelan Tapi Pasti Shuan Boxing Makin Besar

Wawancara dengan Promotor Perempuan: Belgica Pena

Jakarta, difanews.com — Tidak banyak wanita yang mau menjadi promotor tinju, tapi itu tak membuat Belgica Pena, 33 tahun, kecut. Maka, ia pun berani mengibarkan bendera Shuan Boxing Promotion di Rep Dominika.

Shuan tak main-main. Sebab, mereka tak hanya punya kantor kepromotoran. Mereka punya ring sendiri, gym sendiri, trainer, ahli diet, dan saluran tv.

Fightnews.com berkesempatan berbincang dengan perempuan penuh gairah dan ambisius ini. Berikut petikan perbincangannya:

Kapan Shuan Boxing didirikan. Bagaimana Anda memulainya?
Saya diperkenalkan tinju oleh saya yang mencintai olahraga ini. Ia yang membiayai di awal. Sangat sulit. Kami hanya punya satu petinju, tak ada sasana (gym). Usia saya baru 23.

Bagaimana sekarang?
Kami memiliki sebuah gym besar, ring, 10 petinju, pelatih, ahli diet. Kami sudah mementaskan 30 pertarungan. Kami belajar dan kami berinvestasi. Kini kami punya saluran TV sendiri [Shuan TV] dan pelatih Jesus Castillo yang cerdas dan sangat berdedikasi.

Belgica Pena di tengah para petinjunya.

Anda punya harapan dengan petinju-petinju Anda?
Kami keluarga. Dua petinju kami, Felix Valera dan Alberto Puello sudah memenangkan gelar WBA. Nolberto Jimenez sudah dua kali bertarung untuk perebutan gelar WBA. Salah satunya draw di Jepang. Ia mendapat pengurangan angka, kalau tidak ia sudah jadi juara dunia.

Erick Rosa di kelas layang mini memenangkan dua gelar regional di duél debutnya dan hanya dengan dua kali naik ring ia sudah masuk peringkat 9 WBA. Setahu saya hanya ada dua petinju lain yang merebut gelar di duél debutnya –Lomachenko dan Justis Huni dari Australia.

Sulitkan jadi promotor wanita di olahraga yang sangat laki-laki ini?
Tidak juga. Jangan jadikan gender sebagai isu. Itu yang ingin saya katakan.

Tahun ini [2020] Anda mempromosikan dua pertarungan bubble atau ruang tertutup, sulit?
Sangat sulit. Secara keuangan, risiko besar, petinju yang sakit, perlu sokongan tim medis untuk memberikan perlindungan. Beruntung kami mendapatkan bantuan dana dari sponsor kami melalui saluran TV kami.

Kapan Anda menggelar pertandingan lagi?
Maret. Kita sama-sama merasakan masa-masa sulit. Tapi kita tetap punya keyakinan masa sulit ini akan berakhir dan kita akan lebih kuat.

Oleh: Robert Coster/Fightnews.com

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker