News

Seperti Nuansa Surga dan Membuat Jama’ah Betah Masjid Hamidiyie Camii di Turki

Masjid Hamidiyie Camii membuat jama'ah membuat betah para jama'ah yang datang.

BOGOR, DIFANEWS.com – Suasana bulan suci ramadhan sangat berbeda dengan hari biasanya, dimana masjid yang biasa nya tak begitu ramai, saat bulan puasa setiap orang melakukan ibadah di rumah Allah ini.

Mulai dari salat berjama’ah, tarawih, hingga tadarus Al’quran. Anak-anak tak luput ikut serta orang tua nya untuk mengaji dan datang ke masjid.

Tak heran di Indonesia sendiri, masjid-masjid sebelum bulan puasa datang melakukan renovasi bahkan mempercantik masjid dengan misalnya, mengecat tembok masjid, melakukan tambahan kipas angin atau AC, dan menambahkan fasilitas lain. Hal itu bertujuan agar jama’ah yang datang di masjid tersebut merasa nyaman dan betah untuk beribadah.

Tak terkecuali di Turki, Masjid Hamidiyie Camii yang di bangun di bawah pengawasan Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1910.Memiliki suasana seperti di surga. Sang arsitek yang berasal dari Azerbaijan memang sengaja membuat masjid tampak seperti surga yang di gambarkan di kitab suci Al’quran.

Suasana ketika jama’ah melakukan salat di dalam masjid

Inspirasinya adalah Al’quran surah Al-Baqarah ayat 22, dimana surga adalah tempat asri dan hijau. Sehingga di dalam masjid ada ilustrasi air terjun yang mengalir, ada pohon-pohon hijau, tumbuhan dan bunga, rumput (lantai) yang hijau dan segar, serta langit biru yang menghiasi semua ruangan.

Jama’ah yang memasuki masjid ini dengan tujuan beribadah akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Seolah dilepas ke alam luas nan asri dengan pemandangan sangat indah.

Sang imam masjid sendiri, Sefa Ekinci mengatakan bahwa mereka yang menjadi pengurus  berusaha semaksimal mungkin menjaga segala fasilitas yang ada di masjid tercinta ini.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker