Travel

Serunya Mancing di Pulau Gede Rembang

SEMARANG, DIFANEWS.com – Bagi Anda penggemar mancing, ada baiknya mencoba spot mancing di sekitar Pulau Gede, tidak jauh dari Pantai Wates, Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah.

Di sini, Anda bisa memancing sambil menikmati indahnya pasir putih di kawasan Pulau Gede yang tak pernah henti dicandai air laut yang jernih.

Perairan di sekitar Pulau Gede ini dikenal memiliki banyak terumbu karang sehingga banyak ditemukan berbagai jenis ikan khas terumbu karang seperti kakap merah, krapu, ikan ekor kuning, dan jenis ikan terumbu karang lainnya.

Tak heran jika spot ini sering dikunjungi pemancing dari luar daerah seperti Pati, Kudus, dan Blora.

Pulau Gede jaraknya hanya sekira 4 kilometer dari Pantai Wates  yang moncer di Kaliori, Rembang, Jawa Tengah. Untuk menjangkau tempat ini tidaklah sulit. Anda cukup menyewa kapal nelayan yang siaga setiap saat. Jarak tempuh untuk sampai ke pulau ini sekira 30 menit dari bibir Pantai Wates.

Harga sewa perahu nelayan sangat beragam tergantung ukuran dan kondisi perahu. Umumnya nelayan mematok harga Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

Untuk mancing di Pulau Gede, jangan lupa siapkan udang hidup atau mati sebagai umpan.

Nah, untuk mendapatkan banyak ikan tangkapan, umpan yang Anda siapkan cukup udang hidup atau mati. Jadi Anda harus menyiapkannya terlebih dahulu, sebab di Pulau Gede tak ada penjual umpan.

Bonus mancing di spot ini, Anda bisa sejenak bersantai di Pulau Gede yang luasnya sekira 2 hektare. Dahulu, pulau ini luasnya mencapai 6 hektare. Akibat abrasi yang parah, luasan Pulau Gede kian berkurang.

Sayangnya, di pulau ini, belum ada penghuninya. Jadi, Anda juga harus menyiapkan segala logistik secara matang jika tak ingin kelaparan.

Seperti kebanyakan pantai lainnya, di sini Anda bisa menikmati eksotisnya sunrise dan sunset. Wow, tak terbayang deh indahnya panorama saat matahari terbit maupun bersembunyi di balik pulau ini.

Buat yang hobi swafoto, tempat ini sangatlah cocok. Selain sunrise dan sunset, di spot ini Anda juga bisa menikmati pemandangan unik kapal nelayan yang hilir mudik mencari kepiting laut.

Air laut yang jernih dan biru, membuat Anda akan kerasan berlama-lama mancing di tempat ini.

Nah, bagi pemancing mania, kalau beruntung, Anda akan membawa pulang lusinan ikan segar hasil tangkapan. Ah bikin penasaran aja.

Eits, buat yang ingin bermalam di Pulau Gede juga boleh lho. Tapi, harus siap sedia dengan perbekalan lengkap karena di sini belum ada hotel atau motel buat menginap. Yang ada hanya cemara laut dan beberapa pepohonan lain yang menghiasi hamparan pasir putih.

Oh iya, di sini Anda bisa melihat dasar laut tanpa harus menyelam. Jadi Anda bisa melihat langsung terumbu karang. Sayangnya, beberapa terumbu karang sudah mulai rusak oleh ulah oknum tak bertanggung jawab.

Buat yang punya hobi diving, di sini juga bisa. Hanya saja, hingga saat ini belum ada fasilitas terkait itu.

Salah seorang pemancing asal Pati, Elen mengaku sangat enjoy mancing di kawasan Pulau Gede.

“Sering banget ke sini. Kalau libur, ya mancingnya ke Pulau Gede. Sebulan bisa empat kali. Ikannya banyak dan pemandangannya juga bagus. Cocok buat ngisi liburanlah,” ucap Elen, Rabu (3/4). (Rom)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker