News

Tokyo & Jepang Tawarkan Tradisi Golf di Olimpiade Tokyo 2020

Golf di Olimpiade Rio 2016 terasa kurang gereget. Tokyo 2020 menawarkan persaingan lebih menggigit.

JAKARTA, DIFANEWS.com — Golf kembali dipertandingkan di Olipiade Rio 2016 setelah absen selama 112 tahun. Tapi, minat pemain kurang begitu mengesankan karena sejak awal lapangannya sendiri bermasalah. Ada bagian yang harus dibangun ulang karena protes kaum pecinta lingkungan. Mencuat juga kasus korupsi dalam proses pembangunannya.

Nah, tak seperti di Brasil, Olimpiade Tokyo 2020 menawarkan tradisi golf. Golf akan dimainkan di kawasan barat laut Tokyo, di padang gol Kasumigaseki Country Club di Kuwagoe City. Lapangan golf ini sudah ada sejak 90 tahun lampau.

Hiromi Kobayashi, rookie pada LPGA Tour 1990, tahu bahwa harapan besar disematkan di Jepang.

“Sebagai pemain saya mewakili diri saya sendiri,” kata Kobayashi, Senin (25/2), ketika mendampingi wartawan melihat-lihat beberapa hole bersama dua pegolf senior Jepang, Tsuneyuki Nakajima dan Masahiro Kuramoto. “Tapi ini memberi tekananan berbeda. Tekanan ada di pundak kami semua.”

Padang golf Kasumigaseki merupakan salah satu yang paling eksklusif di Jepang. Dibuka pada 1929 atau tak lama setelah Perang Dunia II. Di lapangan ini digelar Canada Cup pada 1957 di mana Sam Snead dan Jimmy Demaret bermain mewakili Amerika Serikat. Satu dekade berikutnya, turnamen ini berubah menjadi Piala Dunia.

“Golf kembali dimainkan di Olimpiade, tapi saya pribadi tak melihat suasana persaingan yang panas di Rio,” kata Nakajima. “Saya kira nilai golf sebenarnya sebagai event Olimpiade akan terasa setelah Tokyo.”

Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe di Kasumigaseki Country Club.

Satu-satunya kelemahan Kasumigaseki adalah lokasinya, meskipun PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Donald Trump masih mau tampil satu babak pada 2017.

Kawagoe City terletak 65 km dari Tokyo. Lokasinya hampir tersembunyi di sebagian daerah pedesaan di Prefektur Saitama. Perjalanan dengan kareta atau bus memakan waktu sekitar 1 jam. Kemungkinan akan lebih cepat dijangkau jika para peserta tak tinggal dalam athlete village di Tokyo.

Nantinya, golf akan dimainkan di East Cource (lapangan sebelah timur) yang membentang sepanjang 7.446 yard (sekitar 6.808 meter), termasuk 640 yard (585m) hole 5. Sebagian dari West Course (sebelah barat) akan diubah menjadi tempat latihan para peserta.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker