News

Waspada! Imbas Tanah Longsor, Jalan Lintas Bogor – Sukabumi Terancam Amblas

Aris menuturkan jalan tersebut saat ini masih bisa dilewati warga. Saat ini, jalan yang terancam amblas itu sudah dipasang garis polisi dan kayu.

BOGOR, difanews.com — Tanah longsor terjadi di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, pekan lalu. BPBD Kabupaten Bogor telah mendatangi lokasi dan melakukan asesmen kebencanaan.

“Kami melakukan pemantauan tanah longsor terjadi pada Jumat (25/11) pukul 18.20 WIB,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko melalui keterangannya, Sabtu (3/12), dilansir news.detik.com.

Aris menuturkan jalan tersebut saat ini masih bisa dilewati warga. Saat ini, jalan yang terancam amblas itu sudah dipasang garis polisi dan kayu.

“Akses jalan provinsi penghubung antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi masih dilewati warga, serta sudah dipasang police line dan kayu untuk memblokade jalan yang terancam amblas,” ungkapnya.

Menurut Aris, petugas juga telah memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat terkait kejadian itu. Sebagian jalan provinsi tersebut juga diketahui telah retak.

Pada saat kejadian, diketahui hujan deras melanda kawasan tersebut. Kondisi struktur tanah di lokasi kejadian juga labil dan tembok penahan tanah (TPT) sebagian ada yang amblas.

TPT jebol disebabkan oleh aliran Kali Cikareteg meluap. Akibatnya, tanah longsor terjadi menyebabkan keretakan dan terancam amblas.

“Diperkirakan analisa di lapangan jalan tersebut terancam amblas dan terjadi longsoran pada bagian pinggir jalan dengan rincian panjang sekitar 60 meter dan tinggi sekitar 30 meter. Serta bagian jalan raya panjang sekitar 45 meter dan lebar 30 meter,” tandas Aris.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button