News

Wismoyo Arismunandar Wafat, akan Dimakamkan di Solo

Program Indonesia Emas yang dicanangkan Wismoyo mengantar Indonesia jadi juara umum SEA Games 1997 di Jakarta.

Jakarta, difanews.com – Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispen AD) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar akan dimakamkan di Astana Giribangun, di Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebelum dibawa ke Jawa Tengah, Nefra menyebut, almarhum akan terlebih dahulu disemayamkan di rumah duka, di kediamannya di Jalan Gempok Nomor 10 Raya, Bambu Apus, Jakarta Timur.

“Jenazah disemayamkan di kediaman Jl Gempol no 10 Raya Bambu Apus Jaktim dan akan dibawa ke Giribangun – Solo,” kata Nefra melalui pesan singkat, Kamis (28/1), seperti dilansir CNN Indonesia.

Astana Giribangun merupakan kompleks pemakaman keluarga Cendana yang terletak di lereng Gunung Lawu. Di kompleks ini, Presiden Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah alias Tien Soeharto, dimakamkan.

Lebih lanjut, Nefra juga memohon agar almarhum didoakan dan dimaafkan segala kesalahannya.

“Mohon doa agar Bapak Wismoyo Arismunandar khusnul khotimah. Mohon maaf atas segala kesalahan Almarhum apabila ada semasa hidupnya,” kata Nefra.

Wismoyo meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah karena sakit. Ia meninggal tepat pukul 04.29 WIB pagi tadi.

Ia termasuk dalam perwira TNI era Soeharto yang memiliki karier cukup moncer. Selain menjabat KSAD di periode tahun 1993 hingga 1995, lulusan Akmil 1963 ini juga pernah menduduki jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad) di era 1990 hingga 1993.

Ipar dari Presiden kedua RI Soeharto ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Di dunia olahraga, Wismoyo juga pernah duduk sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selama dua periode, 1995-1999 dan 1999-2003. Ia terkenal dengan  Program Indonesia Emas.

Di masa kepemimpinannya, olahraga Indonesia pernah berjaya di ASEAN.

Program Indonesia Emas terbukti mengantar Indonesia jadi juara umum SEA Games 1997 di Jakarta. Prestasi tersebut didapat setelah pada SEA Games 1995 Kontingen Indonesia gagal menjadi juara umum di Chiang Mai, Thailand.

Selain itu, Wismoyo juga pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PSI). Di bawah kepemimpinannya, Indonesia tercatat pernah menjadi juara umum cabang olahraga judo di SEA Games Manila 1991.

Dunia olahraga Indonesia ikut berduka atas kepergian Wismoyo.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker