Kesehatan

451 Pemudik dari Sumatera ke Jawa Positif Covid-19

Doni mengatakan sebanyak 451 orang positif Covid-19 tersebut saat ini sedang dirawat di rumah sakit maupun fasilitas isolasi di wilayah Lampung.

JAKARTA, difanews.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan sebanyak 451 orang terdeteksi positif Covid-19 dari 268.631 orang yang kembali dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa melewati Bakauheni, Lampung.

“Kalau kita lihat yang datang terutama dari Sumatra yang akan kembali ke Pulau Jawa,” kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam keterangannya pada Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, dikutip inews.id, Senin (24/5).

“Data hasil skrining ya, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR terdapat 451 orang yang positif Covid, saya ulangi positif Covid setelah dilakukan pemeriksaan swab PCR.”

Doni mengatakan sebanyak 451 orang positif Covid-19 tersebut saat ini sedang dirawat di rumah sakit maupun fasilitas isolasi di wilayah Lampung.

Selain itu, Doni meminta agar masyarakat yang kembali dari bepergian khususnya dari wilayah Pulau Sumatra untuk melakukan karantina selama 5×24 jam.

“Kemudian bagi mereka yang sudah kembali dari perjalanan atau mudik diingatkan supaya betul-betul melakukan karantina. Karantina mandiri di kediaman masing-masing,” tuturnya.

Apalagi, kata Doni, kasus Covid-19 di Sumatra dalam waktu 1,5 bulan terakhir ini mengalami peningkatan.

Doni juga mengingatkan agar jika terdapat 5 rumah yang positif Covid-19 dalam satu RT, bisa dilaksanakan lockdown mikro.

“Jangan dulu ada kegiatan aktivitas utama yang berasal dari wilayah pulau Sumatera, yang kita ketahui sebagian besar di kota-kota di pulau Sumatera mengalami peningkatan kasus dalam 1,5 bulan terakhir. Mohon ini menjadi referensi,” katanya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button