Kesehatan

Antisipasi Meluasnya Kasus Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak, Pemkot Bogor Tetapkan sebagai KLB

“Jadi (perumahan) Griya Melati ini kita masukkan sebagai KLB dan dilakukan pembatasan aktivitas (warga), itu pertama,” kata Bima Arya kepada wartawan, Minggu (23/5).

BOGOR, difanews.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menetapkan kasus penyebaran Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Jadi (perumahan) Griya Melati ini kita masukkan sebagai KLB dan dilakukan pembatasan aktivitas (warga), itu pertama,” kata Bima Arya kepada wartawan, Minggu (23/5).

Kemudian, untuk yang kedua pihaknya akan memastikan jangan sampai klaster Perumahan Griya Melati ini menyebar ke tempat lain. Karena itu pihaknya akan fokus memastikan petugas, pengunjung dan lainnya ini dibatasi secara ketat.

“Petugas ini dipastikan orang-orangnya tidak berganti-ganti, perlindungan APD nya maksimal dan sebagainya,” ucapnya.

“Termasuk pendatang kontak erat siapa saja yang sempat datang kesini, kita tracing agar ini tidak menyebar ke luar,” sambung Bima Arya.

Tak sampai disitu, ditekankan Bima, untuk memastikan penyebaran kasus Covid-19 ini tidak meluas, pihaknya akan melakukan tes ulang terhadap warga Perumahan Griya Melati yang sebelumnya sudah dinyatakan negatif melalui hasil swab tes PCR, namun memiliki gejala klinis virus Corona.

“Kita menjamin bahkan sekarang pun kalau PCR-nya negatif tapi ada gejala klinis Covid ini harus kita proses genom sekuensingnya, jangan-jangan stramber,” beber Bima.

“Nah sekarang kita sedang menunggu, mudah-mudahan dalam satu pekan keluar (hasilnya). Karena melihat penyebarnya yang cepat dan banyak, ya kita antisipasi ini jangan sampai menjadi tren baru,” lanjutnya.

Ditambahkan Bima, selama proses genom sekuensing saat ini, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat penanganan di Perumahan Griya Melati.

“Saya sudah kontak-kontakan dengan Pak Menkes untuk mengirim tim kesini dan mempercepat (penanganan kasus) itu,” tandasnya.

Untuk diketahui, penyebaran kasus positif Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak belum menunjukkan angka penurunan. Teranyar, hingga pukul 10:00 WIB pada Minggu (23/5), total ada 46 warga yang terkonfirmasi positif virus Corona.

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker