Olahraga UmumSports

Berharap Lester Bisa Bela Indonesia di Laga Kedua Kualifikasi Basket Piala Dunia Basket 2023

JAKARTA, difanews.com — Pertandingan kedua Timnas Elite Indonesia melawan Timnas Lebanon pada window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C bakal berbeda dari pertemuan pertama, Jumat (26/11).

Untuk laga kedua, Senin (29/11) malam, Indonesia  kemungkinan besar sudah bisa memainkan  Lester Prosper yang sebelumnya tak bisa turun karena gagal dalam tes usap Covid-19.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menjelaskan, kasus tes usap Prosper ini agak membingungkan. Sebab, sebelum jumpa Lebanon di laga pertama,  tim melakukan tiga kali dilakukan tes usap saat penerbangan dari Amerika ke Lebanon hingga sesampainya di Lebanon. Semua pemain, termasuk Lester, dinyatakan negatif.

Namun, setelah panitia melakukan tes usap jelang pertandingan pertama itu, Lester dinyatakan positif dan dilarang main.

Jelang pertemuan kedua, tes usap PCR kembali dilakukan, termasuk Lester, Ahad (28/11) pukul 11.53 waktu Lebanon. Hasilnya diketahui negatif pada  pukul 12.05.

“Prosper seharusnya sudah bisa dimainkan pada pertandingan kedua saat kita menjadi tuan rumah melawan Lebanon karena tes PCR-nya pada 28 November dinyatakan negatif Covid 19,” terang Danny.

Lester, center naturalisasi dengan tinggi 2,09 meter ini diparkir pada pertemuan pertama karena sesuai hasil tes usap dinyatakan positif Covid 19. Kabar itu keluar beberapa jam jelang pertandingan.

Pada pertemuan pertama lalu, Timnas Elite Indonesia pun hanya bisa memaksimalkan potensi Vincent Kosasih di bawah ring. Situasi ini membuat Indonesia kewalahan karena Arki Dikania Wisnu juga harus diparkir dengan alasan yang sama. Arki dinyatakan positif Covid -19 semenjak tes di Amerika Serikat.

Situasi sulit ini membuat para pemain Indonesia hanya bisa memaksimalkan potensi Brandon Jawato dalam urusan mencetak poin. Jawato sukses menjalankan tugasnya namun peran Jawato beserta pemain lainnya tidak mampu menghindarkan Indonesia dari kekalahan 38-96 dari Lebanon.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2023 ini Indonesia berada di Grup C bersama Lebanon, Yordania, dan Arab Saudi. Untuk bisa lolos ke putaran kedua kualifikasi, Indonesia harus masuk 3 Besar grup.

Piala Dunia Basket 2023 akan digelar 25 Agustus-10 September di Indonesia, Filipina, dan Jepang. Meski sebagai tuan rumah, Indonesia wajib lolos dari babak kualifikasi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker