News

Luar Biasa, Madrasah Tsanawiyah Pati Borong 103 Medali di Olimpiade Matematika Internasional

PATI, difanews.com — Setelah sebelumnya menyabet 35 medali tingkat internasional di ajang Asian Mathematic Competition pekan lalu, kini siswa MTsN (Madrasah Tsnawaiyah Negeri atau setingkat SMP) 1 Pati memborong 103 medali di ajang International Science Mathematic Olympiad yang berlangsung secara online pada 30 Januari 2022.

Pemenang diumumkan Jumat (11/2) ini. Medali yang diraih tim MTsN 1 Pati terdiri atas 69 emas, 19 perak, dan 15 perunggu.

Ini merupakan medali terbanyak yang diperoleh siswa, mengalahkan raihan negara peserta lainnya, yaitu: Amerika Serikat, Cina, Hongkong, Vietnam, India, Iran, Laos, Myanmar, Thailand, dan Malaysia.

Kepala MTsN 1 Pati Musyafak bersyukur atas keberhasilan para siswanya di ajang Olimpiade Internasional ini. Syafak mengucapkan terima kasih kepada para pejuang medali, guru pembimbing, serta wali siswa yang telah memberikan dukungan penuh.

“Terima kasih kepada anak-anakku para pejuang medali, para guru pembimbing, dan para wali. Tanpa peran serta wali siswa dan bimbingan dari para guru, siswa kami tidak mungkin mendapatkan prestasi gemilang tersebut. Semoga anak-anak ini nantinya benar-benar menjadi anak yang mandiri dan berprestasi,” tegasnya di Pati, Jumat (11/2).

Syafak menyebutkan, di samping dikukuhkan sebagai Madrasah Riset berdasarkan SK Dirjen Pendis, MTsN 1 Pati merupakan satu-satunya Madrasah Unggulan Bidang Akademik di Kabupaten Pati. Baru-baru ini, MTsN 1 Pati juga memperoleh anugerah sebagai Madrasah/Sekolah Adiwiyata. Syafak berharap seluruh stakeholder madrasah mampu menyadari posisi MTsN 1 Pati yang penuh dengan prestasi dan penghargaan.

Ahsanu Amala, salah satu siswa peraih medali, mengucapkan rasa syukur dan senang karena berhasil mendapat tiga medali sekaligus dalam ajang tingkat internasional. Ketiga medali tersebut berupa dua medali emas bidang Matematika dan Sains level Junior High School, serta medali perunggu bidang Matematika level Senior High School.

Ia juga mengungkapkan jika kompetisi ini sangat menantang. Pasalnya, semua soal yang disajikan berbahasa Inggris. “Lomba ini sangat menantang karena semua soal menggunakan bahasa Inggris. Jadi, selain menguasai cabang mata pelajaran yang diikuti, kita juga harus menguasai bahasa Inggris,” imbuhnya.

Kurang dari dua bulan, MTsN 1 Pati telah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.942 medali, 139 di antaranya tingkat internasional, 2.717 tingkat nasional, dan 86 tingkat provinsi. Hal ini disampaikan oleh Itsnaini Munjiyatul Fadlilah, guru pembimbing sekaligus Sie Olimpiade.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button