Bisnis

Untuk Besarkan Badan Usaha Milik Desa, Kadin Bersama Kemendes PDTT dan Himbara Siap Bangun Gedung Pusat Informasi

JAKARTA, difanews.com — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) jalin bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk membesarkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa).

Salah satu langkahnya adalah dengan membangun gedung Pusat informasi di lingkungan Kemendes untuk dijadikan basis data. Gedung tersebut akan diisi semua informasi tentang produk unggulan dari semua Bumdesa se Indonesia.

Hal ini diharapkan dapat menjadi peluang dalam memasarkan produk Bumdesa sehingga semakin memudahkan para pengusaha untuk meninjaunya.

“Saya minta dibantu BNI mungkin gedung disini. Tujuannya gedung itu menjadi pusat informasi dan transaksi antar pengusaha. Kita di Kemendes mencoba mengumpulkan produk unggulan yang bagus sehingga pengusaha yang butuh informasi bisa datang kesini. Kalau mau online juga bisa,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat audiensi dengan Ketua Umum Kadin Pusat Arsjad Rasjid di Jakarta, Jumat (11/2).

Produk-produk Bumdesa memang belum terpusat sehingga pemasarannya pun terhambat. Oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak termasuk KADIN dan Himbara melalui BNI sangat diharapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hal ini direspons positif Kadin untuk memasarkannya tidak hanya di level nasional tapi juga internasional.

“Kami siap memfasilitasi Bumdesa untuk bertemu dengan pasarnya, bahkan hingga ekspor,” tutur Arsjad Rasjid.

Kerja sama antara Kemendes PDTT dengan KADIN merupakan langkah strategis dalam memajukan Bumdesa. Sebab KADIN telah ditunjuk sebagai inisiator forum Business 20 (B20) yang diselenggarakan di Indonesia.

B20 adalah forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan dan organisasi bisnis yang dilindungi B20 merupakan salah satu Grup Keterlibatan paling menonjol di G20.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button