Sepakbola Eropa

Mohamed Salah Cetak Rekor Gol Terbanyak Lewati Ayegbeni

JAKARTA, difanews.com — Bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, kini melewati prestasi mantan striker Everton dan Blackburn Rovers Yakubu Ayegbeni dalam daftar pencetak gol Liga Primer Inggris menyusul 1 golnya ke gawang Manchester United Jumat (14/5) dini hari WIB.

Luncuran gol Liverpool sendiri dilsesakkan Diogo Jota (menit 34), disusul Roberto Firmino (45+3 dan 47) dan ditutup Salah menit 90. Dua gol Man United dicetak  Bruno Fernandez menit 10 dan Marcus Rashford menit 68.

Buat Salah, itu jadi golnya yang ke-96 dari 155 penampilan di kasta tertinggi Inggris yang membawanya melewati Yakubu dengan 95 gol dari 252 penampilan selama kariernya.

Salah kini menjadi pemain Afrika dengan catatan gol terbanyak ketiga di Liga Primer, kalah dari pemain asal Togo Emmanuel Adebayor (97 gol) dan bomber Pantai Gading Didier Drogba (104 gol).

Adapun dua dari 96 gol Salah di Liga Primer dicetak selama karier pertamanya di Inggris ketika ia masih memperkuat Chelsea, yang ia bela sebanyak 14 pertandingan di musim 2013/14 silam.

Pertemuan melawan United juga merupakan penampilan ke-200 pemain berusia 28 tahun itu untuk Liverpool di semua kompetisi dan ia menandainya dengan gol ke-124 untuk klub tersebut sejak merapat dari klub Serie A AS Roma pada Juni 2017.

Hanya Roger Hunt dan Gordon Hodgson yang mencetak lebih banyak gol untuk The Reds dalam 200 pertandingan pertama mereka untuk klub dengan masing-masing 133 gol dan 125 gol.

Yang tak kalah penting, kemenangan itu juga membawa Liverpool ke posisi 5 tabel klasemen untuk lolos otomatis ke Europa League.

Liverpool masih tertinggal empat angka di belakang Chelsea yang berada di urutan keempat dengan tiga pertandingan tersisa untuk dimainkan. So, masih besar kemungkinan Liverpool tetap bisa bermain di Liga Champions musim depan.

Salah kini juga menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer musim ini bersama andalan Tottenham Hotspur Harry Kane dengan 21 gol.

Mantan penyerang Chelsea itu mengincar Sepatu Emas ketiganya di Inggris setelah memenangkan predikat tersebut pada musim 2017/18 dan 2018/19.

Liverpool masih berupaya memperpanjang tujuh pertandingan tak terkalahkannya di Liga Primer ketika mereka melawan West Bromwich Albion yang terdegradasi di partai berikutnya pada Minggu (16/5).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker