Essay

Perencanaan Strategi dalam Upaya Peningkatan Daya Saing

Dalam suatu organisasi ataupun bisnis tentu dibutuhkan sebuah perencanaan. Setiap organisasi perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan organisasinya, sebab perencanaan merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan. Menjalankan dan mengendalikan strategi sesuai dengan rencana, akan membawa dampak pada jangka panjang, yang nantinya dapat membantu mencapai tujuan sesuai perkembangan zaman.

Namun, tingkat keberhasilan ditentukan oleh pelaksana yaitu semua karyawan di perusahaan dan terutama kepala direktur yang professional, yang mampu mengatasi berbagai tantangan, hambatan dan peluang yang ada. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, lembaga akan mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu dalam peningkatan daya saing.

Perencanaan strategis sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi, begitupun dengan penerapannya. Seorang direktur dan bawahannya menerapkan perencanaan strategis dalam menghadapi peningkatan daya saing yang merajalela. Hal itu menyebabkan sebuah organisasi haruslah bisa berhadapan dengan teknologi canggih di masa kini. Hal ini bertujuan agar semua organisasi bisa menghadapi pesaingnya dengan menerapkan perencanaan strategisnya dengan menggunakan teknologi.

  • Perencanaan strategi

Merupakan sebuah rencana tertulis jangka panjang, yang didalamnya menyatakan misi perusahaan dan pernyataan tujuan organisasi. Perencanaan strategi juga dianggap memberikan substansi dimana kinerja perusahaan dapat dikontrol dan diukur. Perencanaan strategis merupakan proses dasar dari manajemen, membuat rencana yang tertulis dan berjangka panjang. Dengan begitu suatu organisasi bisa mengendalikannya secara efektif dan efisien. Dalam perencanaan strategi terdapat visi misi, program dan tujuan yang strategis agar dapat sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

  • Daya Saing

kemampuan sesuatu atau seseorang untuk tumbuh dan berkembang dengan baik diantara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama. Daya saing merupakan suatu keunggulan pembeda dari yang lain yang terdiri dari comperative advantage (faktor keunggulan koparatif) dan competitive advantage (keunggulan kompetitif). Peningkatan daya saing ini banyak diinginkan oleh para pebisnis. Contohnya dalam suatu wilayah dimana terdapat beberapa usaha makanan. Setiap pemilik usaha pasti akan berusaha menarik konsumen sebanyak-banyaknya seperti, dengan meningkatkan pelayanan, memperbarui strategi promosi, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan bahwa para pemilik usaha sedang meningkatkan daya saingnya. Jika tidak dapat bersaing dengan baik, maka usaha tersebut tidak akan berkembang atau mengalami kebangkrutan.

  • Langkah-langkah Perencanaan Strategi
    a)
    Penetapan visi, misi dan tujuan organisasi, merupakan tindakan mengembangkan dan mengklarifikasikan tanggung jawab sosial dari perusahaan yang berkaitan dengan pernyataan visi, misi dan tujuan organisasi untuk mencapai tujuan dari organisasi.b) Analisis lingkungan eksternal, yaitu mengungkapkan lingkungan luar yang dimaksud untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan, berkaitan dengan faktor politik, ekonomi, sosial. Arah perkembangan teknologi merupakan bagian dari aktivitas analisis luar.
    c) Analisis lingkungan internal, merupakan langkah yang digunakan utuk menganalisi kedalam organisasi itu sendiri, dengan menilai sumber daya organisasi. Indikator dalam analisis lingkungan internal hanya berfokus pada kekuatan dan kelemahan organisasi itu sendiri.
    d) Identifikasi isu-isu strategis berkaitan dengan yang dihadapi organisasi, merupakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan fundamental tentang pengaruh mandat organisasi, visi, misi, pelayanan biaya, pendanaan, maupun rencana organisasi atau manajemen.
    e) Mengembangkan strategi, yaitu melaksanakan tindakan tindakan dari keputusan atas dasar isu-isu strategis yang telah diidentifikasikan pada langkah sebelumnya, untuk mengelola isu strategis dan penetapan visi organisasi yang efektif dan efesien.

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Tujuan SWOT dalam proses perencanaan strategis adalah menyediakan informasi tentang kekuatan dan kelemahan (faktor internal) organisasi sehubungan dengan peluang dan ancaman (faktor eksternal) yang sedang atau akan dihadapinya.

  • Penilaian lingkungkan eksternal (Peluang dan Ancaman) Tujuan dari langkah penilaian lingkungan eksternal adalah menggali informasi lingkungan diluar organisasi untuk mengindentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh organisasi.
  • Penilaian lingkungan internal (Kekuatan dan Kelemahan) Tujuan dari penilaian lingkungan internal adalah untuk menilai lingkungan internal organisasi guna mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi, aspek-aspek yang membantu atau merintangi pencapaian misi organisasi dan pemenuhan mandatnya.
  • Strategi Dalam Menghadapi Pesaing
  • Keunggulan biaya menyeluruh

Dalam keunggulan biaya menyeluruh, perusahaan berupaya untuk mencapai biaya rendah. Sehingga dapat menetapkan harga yang lebih rendah dari harga pesaingnya, dengan demikian perusahaan dapat merebut pangsa pasar yang lebih besar. Memiliki posisi biaya rendah akan membuat perusahaan memperoleh hasil laba di atas rata-rata dalam industrinya, meskipun ada kekuatan persaingan yang besar. Posisi biayanya memberikan kepada perusahaan tersebut ketahanan terhadap rivalitas dari para pesaing.

  • Diferensiasi
  • Strategi generik yang kedua adalah mendiferensiasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Diferensiasi yaitu menciptakan sesuatu yang baru yang dirasakan oleh industri secara menyeluruh sebagai hal yang unik.
  • Fokus
  • Perusahaan sebaiknya memusatkan perhatian pada usaha yang melayani beberapa pangsa pasar, dan bukan mengejar seluruh pasar. Dengan demikian perusahaan akan mampu melayani target strategisnya yang sempit secara efektif dan efisien dibandingkan pesaing yang lebih luas. Sebagai akhir bahwa perusahaan akan mampu mendediferensiasikan dirinya yang pada akhirnya mampu memenuhi target tertentu dengan baik.
  • Manfaat Perencanaan Strategi 

    a) Meningkatkan Keterlibatan Karyawan
    Karyawan yang terlibat dalam operasi sehari-hari dan dapat memberikan pandangan unik tentang perusahaan. Karyawan akan berbagi apa yang mereka pikirkan terkait dengan bisnis dan menginformasikan perencanaan untuk masa depan. Saat karyawan jauh lebih terlibat, maka tingkat kepuasan kinerja karyawan akan naik. Melibatkan karyawan dalam proses rencana strategis juga dapat meningkatkan produktivitas.
    b) Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan
    Sebagai bagian dari proses rencana strategis, perusahaan akan memeriksa dan menganalisis bisnis secara keseluruhan. Perusahaan akan melihat kondisi bisnis perusahaan dan area mana yang perlu ditingkatkan. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, perusahaan bisa berkembang jauh lebih besar di masa depan dan menjadi bisnis tangguh bahkan ketika menghadapi berbagai risiko.
    c) Menetapkan Arah Bisnis dan Membina Bisnis Proaktif
    Pada akhir proses perencanaan strategis, perusahaan harus memiliki arah yang jelas dimana bisnis akan berjalan di masa depan. Diskusi mengenai perencanaan itu sendiri membantu menempatkan bisnis pada posisi terbaik untuk sukses di masa depan. Rencana strategis membuat perusahaan  mencari tahu bagaimana cara berkembang selama beberapa tahun ke depan dan bagaimana mengatasi peluang dan tantangan. Bisnis yang terarah dan proaktif pun akan tercipta.

  • Contoh perencanaan strategis yang umum digunakan.a. Rencana strategi pemasaran
    bertujuan untuk menghasilkan penjualan untuk bisnis baik untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan jumlah pelanggan pada kuartal berikutnya. Perencanaan strategis ini akan membantu untuk meningkatkan penghasilan dan meningkatkan basis pelanggan mereka.Rencana strategis pemasaran biasanya mencakup teknologi pemasaran, perangkat lunak, atau platform yang berbasis web untuk memantau kemajuan bisnis agar mencapai tujuan.
    b. Rencana strategi IT
    Seiring dengan perkembangan zaman, industri IT akan terus berubah untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal ini menjadikan bahwa rencana strategis yang ada pada industri IT juga akan berubah-ubah. Untuk rencana strategis pada bidang ini akan melihat satu hingga beberapa tahun kedepan. Hal ini dilakukan agar bisnis bisa tetap digunakan dan menyesuaikan dengan zaman.
    c. Rencana Strategis untuk Lembaga Non Profit
    perencanaan lebih berfokus pada faktor internal dan eksternal yang dapat memicu untuk menimbulkan ancaman atau tantangan dalam bisnis. Karena struktur organisasi pada lembaga non profit dapat berubah dengan cepat yang disebabkan berbagai faktor, maka dari itu adanya pembuatan rencana ini akan mengatasi adanya perubahan di masa depan.
    d. Rencana Strategis untuk Bisnis
    Rencana strategis untuk bisnis umumnya akan mencakup pernyataan tentang visi, misi, tujuan perusahaan, sasaran konsumen, serta rencana tindakan untuk mencapainya.

Namun perlu diperhatikan bahwa rencana strategis ini berbeda dengan rencana bisnis. Jika rencana bisnis biasanya digunakan untuk membantu dalam memulai bisnis dan memperoleh dana yang diperlukan. Sedangkan untuk rencana strategis digunakan untuk menguraikan strategi untuk pertumbuhan dan kesuksesan di masa depan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

TUGAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

PERENCANAAN STRATEGI

Disusun Untuk Memenuhi Tugas :

Mata kuliah: Sistem Pengendalian Manajemen

Dosen Pengampu: Tati Rosyati S.E., M.Ak.

Disusun Oleh :

Kelompok 8

  1. Revi Nopia Lestari (191011200292)
  2. Septi Sri Wahyuni (191011200094)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI S1

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PAMULANG

TANGERANG SELATAN

2022

REFERENSI

Perencanaan Strategis (Strategic Planning)


https://cpssoft.com/blog/manajemen/perencanaan-strategis-arti-konsep-proses/

Perencanaan Strategis: Pengertian, Konsep, dan Manfaat untuk Bisnis


https://www.harmony.co.id/blog/rencana-strategis-pengertian-konsep-dan-tahapan-penerapannya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button