KesehatanNews

Bio Farma Jalin Kerja Sama dengan MSD untuk Produksi Sendiri Vaksin Kanker Serviks

Saat ini Vaksin HPV telah digunakan untuk program introduksi pemindahan HPV di berbagai kabupaten dan kota. Program pengusiran HPV akan terus diperluas hingga menjadi program skala nasional pada 2023.

JAKARTA, difanews.com — Bio Farma, Induk Holding BUMN Farmasi – dengan anak perusahaan Kimia Farma dan Indo Farma,  mengadakan perjanjian kerja sama transfer teknologi dengan merk dagang Amerika, MSD, untuk memproduksi secara lokal vaksin 4-valent human papillomavirus (HPV) MSD.

Perjanjian tersebut ditandatangani George Stylianou, Managing Director MSD Indonesia dan Honesti Basyir, CEO Bio Farma dan disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury, Perwakilan Kedutaan Besar AS di Indonesia, serta Presiden MSD Asia Pasifik, David Merak.

Berlandaskan kemitraan MSD dan Bio Farma yang telah terjalin sejak tahun 2016, pengumuman kerja sama kerangka kerja untuk produksi vaksin lokal HPV, berpotensi meningkatkan kemampuan dan kapasitas produksi vaksin di dalam negeri di Indonesia.

Berdasarkan kerangka tersebut, para pihak akan terus bekerja sama menuju kesepakatan untuk mendukung pembuatan vaksin HPV lokal di Indonesia.

Saat ini Vaksin HPV telah digunakan untuk program introduksi pemindahan HPV di berbagai kabupaten dan kota. Program pengusiran HPV akan terus diperluas hingga menjadi program skala nasional pada 2023.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan kerja sama antara Bio Farma dan MSD ini merupakan bentuk nyata kolaborasi antar pihak untuk mendukung transformasi kesehatan di Indonesia, terutama dalam upaya penguatan pilar layanan promotif dan preventif primer yang merupakan salah satu prioritas Kementerian Kesehatan.

“Saya percaya bahwa dengan adanya potensi teknologi transfer baik keahlian, pengetahuan, dan pengalaman dari MSD sebagai produsen global terkemuka untuk vaksin HPV akan bermanfaat bagi Bio Farma dan untuk kemandirian sektor kesehatan di Indonesia terutama dalam pengembangan vaksin,” katanya, Selasa (13/12) lalu.

Direktur Bio Farma Honesti Basyir menambahkan, kerja sama dengan MSD ini merupakan langkah penting yang dilakukan Bio Farma untuk memperkuat infrastruktur kesehatan Indonesia. Melalui kolaborasi ini Bio Farma akan menghadirkan vaksin HPV kualitas terbaik untuk diproduksi di Indonesia.

“MSD akan terus memperluas produksi dan ketersediaan vaksin HPV kami untuk memenuhi tingkat permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kami lihat secara global.”

“Kami terus berupaya untuk mencapai tujuan kami mengurangi kejadian kanker serviks di seluruh dunia melalui peningkatan akses terhadap vaksinasi HPV dan penerapan program imunisasi yang baru dan diperluas” ujarnya.

Penandatanganan perjanjian kedua belah pihak  bertepatan dengan Hari Nusantara, dan membawa kapabilitas manufaktur vaksin terbaik dari Bio Farma dan MSD untuk Indonesia.***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button