Bisnis

PLTS Hybrid Selayar Milik Bakrie & Brothers Mulai Beroperasi Desember 2021.

“Dedieselisasi market size-nya cukup besar, yakni 2 miliar dolar AS dan PLTS Atap sebesar 650 juta dolar AS."

JAKARTA, difanews.com – Bakrie & Brothers (BNBR) melalui anak usahanya, PT Bakrie Power, menyepakati kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penandatanganan kerja sama tersebut juga dilakukan dengan mitra kerja PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

“Proyek-proyek di bawah PT Bakrie Power ini dikerjakan oleh PT Helio Synar Energi. Selain Selayar, dua jenis proyek EBT berikutnya yang akan kami fokuskan di antaranya adalah dedieselisasi dan PLTS Atap,” kata Presiden Direktur BNBR Anindya Novyan Bakrie melalui konfrensi pers virtualnya, Jumat (25/6), dilansir Kompas.com.

“Dedieselisasi market size-nya cukup besar, yakni 2 miliar dolar AS dan PLTS Atap sebesar 650 juta dolar AS.”

PLTS Hybrid di Selayar ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1,3 megawatt peak, dan diproyeksikan mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2021.

Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN di Kabupaten Selayar.

“Memang, nilai investasi awal yang kami siapkan dalam sektor EBT (Energi Baru Terbarukan) ini belum terlalu besar, tetapi kami mengutamakan penguasaan teknologi yang tepat dan menjadi pelopor dalam pengembangan pembangkit energi terbarukan jenis hybrid ini di Indonesia,” lanjut Anin.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Bakrie Power Dody Taufiq Wijaya mengatakan bahwa PLTS Hybrid Selayar merupakan proyek penting yang menandai dimulainya era konversi pembangkit diesel ke pembangkit renewable yang lebih bersih.

Di sisi lain, hadirnya PLTS Hybrid dinilai turut meningkatkan keandalan pasokan listrik dan perbaikan tegangan pelayanan pada masyarakat yang berada di sekitar lokasi tersebut.

“Di seluruh Indonesia ini masih ada ratusan pembangkit listrik bertenaga diesel yang kini dioperasikan PLN. Ini menjadi potensi amat besar untuk dapat dikonversi menjadi pembangkit EBT, seperti yang kami lakukan di PLTS Hybrid Selayar ini,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker