Cerita PendekNews

348 Siswa SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro Antusias Ikuti Workshop Penulisan Buku Antologi Cerpen

JAKARTA, difanews.com — Tak kurang dari 348 murid SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro antusias mengikuti Workshop Penulisan Buku Antologi Cerpen dengan Pembicara Teguh Indriawan, penulis sekaligus editor dari Penerbit PT Leguty Media, Rabu (26/1).

Acara yang digelar secara virtual ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu ditutup dengan praktik menulis cerita pendek selama 1 jam dari pukul 10.00 hingga pukul 11.00 WIB.

Menurut Nasrullah, koordinator acara yang juga salah satu guru di SMP Islam Al Azhar 3, acara ini digagas oleh guru Bahasa Indonesia Yulia Fitaraningsih dan didukung Kepala Sekolah Casidin.

Workshop merupakan kegiatan tahunan yang sudah ada dalam program kerja sekolah. Biasanya sekolah memilih kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan pelatihan yang temanya disukai para murid.

“Tahun sebelumnya kami memilih pelatihan membuat dan mengedit video dan Alhamdulillah kemampuan mengedit sudah dikuasai oleh sebagian besar anak didik kami di SMPI Al Azhar 3 Bintaro,” kata Casidin.

“Tahun ini kami memilih tema menulis antologi cerpen sebab kami ingin anak mampu membuat buku karya mereka sendiri dan lebih menghargai kekayaan intelektual mereka yang mereka tuangkan dalam sebuah buku bersama angkatannya.”

“Kami harapkan buku antologi cerpen ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak dan keluarganya karena masih muda sudah mampu menghasilkan buku dan akan menjadi kenangan indah yang abadi.”

Ditambahkan Fitaraningsih, Workshop Penulisan Buku Antologi Cerpen ini juga sesuai dengan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7, 8, 9.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis, ada bab menulis cerpen, sebab sebagian besar anak masih belum memiliki keinginan untuk menulis dan masih merasa kesulitan ketika menulis.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan literasi anak didik dikhususkan untuk membaca dan menulis cerpen karena ada dalam kurikulum mata pelajarannya,” jelas Fitaraningsih.

“Mengapa antologi? Ya untuk memberikan apresiasi bagi anak didik yang sudah berhasil menulis agar memiliki karya sendiri dan suatu kebanggaan tersendiri karena karyanya diterbitkan. Kami bekerja sama dengan Penerbitan PT Leguty Media.”

Teguh Indriawan.

Teguh Indriawan sendiri adalah seorang penulis dan editor. Ia menyunting ratusan lebih buku, terutama buku anak-anak. Penulis artikel di kolom detik.com dan Geotimes ini juga menulis buku soal-soal Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP dan SMA. Selain itu ia juga menulis buku Peribahasa, Pantun, Sajak, dan Puisi yang diulas di Detik Edu dan Tribunnews.com.

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker