PuisiSeni Budaya

Betawi Kita Kupas Buku Puisi ‘Cerita Dari Dapur’ Yahya Andi Saputra

Kitab puisi ‘Cerita dari Dapur’ terdiri dari 92 ‘surat’ puisi dan dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan masa penulisannya yaitu ‘Negeri Ngilu’ (2018), “Negeri Miring’ (2019)” dan ‘Onrust, Senja dan Maria’ (2020).

Jakarta, difanews.com — Kitab puisi karya Yahya Andi Saputra, pria yang akrab disapa dengan Cang Yahya, budayawan Betawi serbabisa, berjudul ‘Cerita dari Dapur’, adalah buku kumpulan puisi keempat setelah sebelumnya ada Gelembung Imaji (1999), Sihir Sindir (2016), Jampe Sayur Asem (2017).

Judul kitab kumpulan puisi ini diambil dari puisi berjudul ‘Cerita Dari Dapur’ yang bergaya prosa liris, berisi perihal pengamatan penyair pada gejala sosial-budaya paska kolonial di kalangan milenial yang mulai melupakan adat dan tradisi luhur leluhur –dalam hal ini perihal memasak karena serbuan modernitas yang sebegitu massif dan simultan lewat teknologi gawai genggam.

Kitab puisi ‘Cerita dari Dapur’  terdiri dari 92 ‘surat’ puisi dan dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan masa penulisannya yaitu ‘Negeri Ngilu’ (2018), “Negeri Miring’ (2019), dan ‘Onrust, Senja dan Maria’ (2020).

Perkumpulan Betawi Kita bekerja sama dengan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan didukung Lembaga Kebudayaan Betawi, Forum Jurnalis Betawi dan Yayasan Baca Betawi mengadakan kegiatan ‘Mimbar Sastra: Bedah Buku Kumpulan Puisi Cerita Dari Dapur karya Yahya Andi Saputra secara daring.

May be an image of 4 people, including Heryus Saputro and text that says 'DISPUSIP PERPUSTAKAAN KEARSIPAN BETAW HB JASSIN Kita MIMBAR SASTRA zoom Peserta2om terbatas 80 orang BEDAH BUKU KUMPULAN PUISI "CERITA DARI DAPUR" KARYA YAHYA ANDI SAPUTRA Keynote Speaker Pembicara Moderator H. Wahyu Haryadi Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Prov. DKI Jakarta Heryus Saputro Penyair Penulis Ikhsan Risfandi Penyair Muda Betawi Gres Grasia Azmin Dosen Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta Free .e-Certificate Giveaway Buku Jum at, April 2021 Pk. 14.00 17.00 WIB http:./ebabusieritadridapur Narahubung: Firman- 0899 8289 173'

Acara digelar pada Jumat (9/4), mulai pukul 14.00 WIB.

“Harapan kami dengan diadakannya kegiatan ini dapat mendorong masyarakat luas untuk lebih mengapresiasi karya-karya sastra Betawi sekaligus memperkenalkannya kepada generasi milenial terutama kaum muda Betawi sebagai salah satu modal dalam mempertahankan keberlangsungan budaya Betawi itu sendiri agar tak mati perlahan seperti nyala obor yang tepercik tempias laku modernitas,” kata Roni Adi, salah satu dedengkok Betawi Kita.

Bedah buku ini bakal menghadirkan tokoh Betawi asal Pondok Pinang Heryus Saputro dan penyair muda asal Betawi Ikhsan Risfandi dengan keynote speaker H Wahyu Haryadi dan moderator Gres Grasia Azmin atau biasa disapa Ige Azmin, Dosen Sastra Indonesia UNJ.

Bedah buku ‘Cerita Dari Dapur’ ini sebelumnya digelar Koperasi Dapur Sastra Jakarta pada 20 November 2020.

Peserta bisa melalui link: http://bit.ly/Bedahbukupuisiceritadaridapur

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker