Film

Menang Penghargaan di Australia, Film Pendek Indonesia ‘Anak Lanang’ Membanggakan

Prestasi diukir oleh anak bangsa di kancah internasional. Film pendek berjudul Anak Lanang (The Sons) yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo memenangkan Outstanding Achievement dalam Indonesian Film Festival (IFF) Australia ke-14 dalam Short Film Competition.

BOGOR, DIFANEWS.com — Prestasi diukir oleh anak bangsa di kancah internasional. Film pendek berjudul Anak Lanang (The Sons) yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo memenangkan Outstanding Achievement dalam Indonesian Film Festival (IFF) Australia ke-14 dalam Short Film Competition. Film yang mengambil set di Yogyakarta ini berdurasi tak lebih dari 15 menit.

Meskipun film pendek, Wahyu dapat menyampaikan pesannya dengan baik. Terlebih lagi, konsep film pendek yang diusung adalah one shot alias film yang diambil dengan satu kamera.

Film Anak Lanang (The Sons) menceritakan tentang empat bocah laki-laki SD yang baru saja pulang sekolah. Keempatnya pulang bersama naik satu becak, dua duduk di atas dan dua lagi di bagian bawah atau biasa dipakai untuk penumpu kaki.

Obrolan mengalir dengan cepat, menggunakan bahasa Jawa dialek Yogyakarta dan tak ada hierarki antara bocah-bocah dan tukang becaknya.

Dalam budaya Jawa, cara bicara saja diatur. Kepada orang yang lebih tua, usahakan menggunakan krama inggil, bukan ngoko seperti ketika bicara pada teman sebaya. Terlibas perkembangan zaman, tak banyak bocah-bocah Jawa yang menerapkan hal tersebut sekarang.

Pesan ini juga ingin disampaikan rupanya oleh sang sutradara. Terlebih lagi, tukang becaknya terlihat ‘kolot’ dengan menyebut orang Amerika pintar-pintar.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker